Jangan pernah menyerah saat kamu gagal, tapi buatlah kegagalan itu menjadi motivasi mu untuk menjadi orang yang lebih baik,,, :D keep smile and be your self :)
SELAMAT DATANG SEMOGA BLOG INI DAPAT MEMBANTU ANDA Follow Twitter Aku: @agus220894 / Add Facebook Aku: Mmc Agussalam

Cari Blog Ini

Loading...
Oct 17, 2012

Rufaidah Al-Asalmiya (570 – 632 M) Perawat Pertama di Dunia

Ass sobat skalian, bagaimana kabar kalian hari ini ? Moga baik-baik saja ya. Pada posting kali ini saya mau berbagi sedikit informasi yang mungkin belum kalian ketahui, untuk lebih jelasnya lanjut baca artikelnya ya,,, :)



Mungkin diantara sobat blogger maupun teman sejawat ku sebagai seorang Perawat lebih mengenal Florence Nightingale, aren't you [iya gak] ?. Pasti kalian berfikir bahwa Florence lah perawat pertama di dunia, tapi anggapan kalian salah. Kenapa saya berkata demikian, ya...jelas bahwa perawat pertama di dunia ini adalah Ruffaidah.

Rufaidah Al-Asalmiya atau Siti Rufaidah adal
ah perawat muslim pertama didunia, beliau sudah ada jauh sebelum Pioneer of Modern Nurse lahir kedunia ini sob. Semoga  kisah ini bisa menambah pengetahuan sobat maupun saya tentang orang-orang yang berjasa dalam bidang keperawatan. Di Indonesia, nama Rufaidah sendiri masih terasa asing dibandingkan dengan tokoh-tokoh keperawatan dunia yang berasal dari golongan barat. But dikalangan Negara arab dan timur tengah, nama Florence Nightingale tidak lebih terkenal dari Rufaidah Binti Sa’ad / Rufaidah Al-Asalmiya.

Rufaidah Al-Asalmiya memiliki nama lengkap Rufaidah Binti Sa’ad Al-Bani Aslam Al-Khazraj. Ia lahir di Yatrhrib, Madinah pada tahun 570 M dan wafat pada tahun 632 M. Rufaidah hidup pada masa Rasulullah SAW pada abad pertama Hijriah atau abad ke-8 Masehi. Ia termasuk golongan kaum Anshor (Golongan pertama yang menganut agama Islam di Madinah).

Ayah Rufaidah adalah seorang dokter, Rufaidah mempelajari ilmu keperawatan saat ia bekerja membantu ayahnya wow amazing gak. Saat kota madinah berkembang, ia mengabdikan diri merawat kaum muslimin yang sakit, sungguh mulia kan. Saat tidak terjadi peperangan, Rufaidah membangun tenda diluar Masjid Nabawi untuk merawat kaum muslimin yang sakit. Pada saat perang Badar, Uhud, Khandaq, dan perang Khaibar Rufaidah menjadi sukarelawan dan merawat korban yang terluka akibat perang. Ia mendirikan rumah sakit lapangan, sehingga Rasulullah SAW memerintahkan korban yang terluka dirawat oleh Rufaidah.

Rufaidah Al-Asalmiya juga mengadakan pelatihan kepada beberapa kelompok wanita untuk menjadi perawat, dan dalam perang Khaibar mereka meminta izin kepada Rasulullah SAW untuk ikut di garis belakang pertempuran untuk merawat para mujahid yang terluka. Tugas ini digambarkan mulia oleh Rufaidah, dan merupakan pengakuan awal untuk pekerjaannya dibidang keperawatan dan medis.

Selain berkontribusi dalam merawat mereka yang terluka saat peperangan, Rufaidah Al-Asalmiya juga terlibat dalam aktifitas sosial dikomunitasnya. Dia memberi perhatian kepada setiap muslim, orang miskin, anak yatim, atau penderita cacat mental. Dia merawat anak yatim dan memberi bekal pendidikan. Rufaidah digambarkan memiliki kepribadian yang luhur dan empati sehingga memberikan pelayanan keperawatan kepada pasiennya dengan baik dan teliti. Ia digambarkan sebagai pemimpin dan pencetus sekolah keperawatan pertama didunia islam meskipun lokasinya tidak dapat dilaporkan. Ia juga merupakan penyokong advokasi pencegahan penyakit atau yang lebih dikenal dengan Preventive Care serta menyebarkan pentingnya penyuluhan kesehatan (Health Education).

Rufaidah adalah seorang pemimpin, organisatoris, mampu memobilisasi dan memotivasi orang lain. Ia digambarkan memiliki pengalaman klinik yang dapat diajarkan kepada perawat lain yang dilatih dan bekerja dengannya. Dia tidak hanya melaksanakan peran perawat dalam hal klinikal saja, ia juga melaksanakan peran komunitas dan memecahkan masalah sosial yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Sehingga Rufaidah sering juga disebut sebagai Public Health Nurse dan Social Worker yang menjadi inspirasi bagi perawat di dunia islam.

Sejarah islam memcatat beberapa nama yang bekerja bersama Rufaidah Al-Asalmiya seperti: Ummu Ammara, Aminah, Ummu Ayman, Safiat, Ummu Sulaiman, dan Hindun. Sedangkan beberapa wanita musim yang terkenal sebagai perawat saat masa Rasulullah SAW saat perang dan damai adalah: Rufaidah binti Sa’ad Al-Aslamiyyat, Aminah binti Qays Al-Ghifariyat, Ummu Atiyah Al-Anasaiyat, Nusaibat binti Ka’ab Al Amziniyat, Zainab dari kaum Bani Awad yang ahli dalam penyakit dan bedah mata).

Sebagai tambahan pengetahuan, perkembangan keperawatan didunia islam atau lebih tepatnya lagi di negara Arab Saudi dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Masa penyebaran islam /The Islamic Periode ( 570 – 632 M). pada masa ini keperawatan sejalan dengan peperangan yang terjadi pada kaum muslimin (Jihad). Rufaidah Al-Asalmiya adalah perawat yang pertama kali muncul pada mas ini.

2. Masa setelah Nabi / Post Prophetic Era (632 – 1000 M). pada masa ini lebih didominasi oleh kedokteran dan mulai muncul tokoh-tokoh kedokteran islam seperti Ibnu Sinna, Abu Bakar Ibnu Zakariya Ar-Razi (dr. Ar-Razi).

3. Masa pertengahan/ Late to Middle Age (1000 – 1500 M). pada masa ini negara-negara arab membangun rumah sakit dengan baik, pada masa ini juga telah dikenalkan konsep pemisahan antara ruang rawat laki-laki dan ruang rawat perenpuan. Juga telah dikenalkan konsep pasien laki-laki dirawat oleh perawat laki-laki dan pasien perempuan dirawat oleh perempuan.

Masa modern (1500 – sekarang). Pada masa ini perawat-perawat asing dari dunia barat mulai berkembang dan mulai masuk kenegara arab. Namun, pada masa ini salah seorang perawat bidan muslimah pada tahun 1960 yang bernama Lutfiyyah Al-Khateeb yang merupakan perawat bidan arab Saudi pertama yang mendapatkan Diploma Keperawatan di Kairo, ia mendirikan institusi keperawatan di Arab Saudi.

Gimana sobat, kalian sudah tau kan siapa perawat pertama. Ya benar dia adalah Ruffaidah. Saya harap artikel ini bisa berguna dan menambah wawasan sobat sekalian, jangan lupa di koment atau di Share ke teman yang lainnya ya. Thanks to read...

Wassalam :) :) :)

:woot: :surprise: :sleepy: :oya: :nyu: :music: :kishishi: :kikik: :hoahm: :grr: :fufu: :dies: :cry: :blush: :bignose: :D :-| :-w :-Z :-O :-E :-? :-3 :-0 :-( :) :(( :( 8-| 8-) (:

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum
Jangan Lupa Memberi Salam Saat Memberikan Sebuah Komentar.

Page rank

Kesepian (16-10-2011)

Desir Angin Menyusuri Sekeliling Ku
Membisikkan Kata Yang Sangat Dingin
Menghampiri Ku Dengan Tetesan Kesedihan

Ingin Ku Berteriak
Berteriak Sekencang Angin
Agar Semua Tahu
Aku Sedang Kesepian

By. Agussalam

Sekedar Coretan Tangan (17-10-2011)

Sang surya baru saja bangkit
Tetapi angin sudah tertawa kepada ku
Berdesir sili berganti

Hari ini hari untuk sang raja
Dimana ku harus tunduk untuk menang
Menang melawan hati

Menang melawan angin yang tertawa
Menang melawan raja
Untuk menggapai bintang disiang hari

By. Agussalam

Jalan Hidup Ku (19-11-2012)

Cahaya itu kembali muncul
Muncul bersama keputusasaan
Melintas tepat di ujung khayal ku

Termenung dengan tatapan kosong
Apa...
Apa yang telah aku capai
Apa hasil dari jeripaya ku

Cahaya itu kembali muncul
Muncul bersama kegembiraan
Terhenti tepat di pandangan ku
Membisikkan kata yang sulit terpecahkan

Sekarang aku tahu
Aku tahu jalan hidup ku

By.Agussalam

Aku (Maret 1943)

Kalau sampai waktu ku
‘ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

By.chairil Anwar
 
;